Dampak Negatif Mandi Malam

By Habib 05 Jan 2023, 17:38:07 WIB Kesehatan
Dampak Negatif  Mandi Malam

Dampak Negatif Mandi Malam - mandi malam hari, banyak orang yang tidak menganjurkan kebiasaan ini, karena dianggap berbahaya bagi kesehatan.Meskipun berenang di malam hari dapat menyegarkan, namun juga dapat memiliki efek kesehatan yang sangat buruk dalam kondisi tertentu.Kondisi tertentu yang sudah ada sebelumnya seringkali dikaitkan dengan risiko saat berenang di malam hari


Faktor lainnya adalah sebagian masyarakat mandi pada malam hari karena aktivitas sehari-hari yang tidak bisa ditinggalkan, seperti mandi malam.

Baca Lainnya :

Jadi, apakah mandi di malam hari memiliki efek negatif bagi kesehatan? Pasti laki-laki! Yuk simak penjelasannya di bawah ini!


Dampak Negatif Mandi Malam

Mandi dua kali sehari memiliki banyak manfaat, salah satunya membersihkan tubuh setelah beraktivitas Namun, ada kondisi tertentu ketika Anda harus  mandi di malam hari karena kesibukan. Sebenarnya, ada beberapa bahaya atau akibat dari berenang di malam hari. Penyakit apa  yang anda dapatkan jika anda sering mandi malam?


1. Peradangan hebat di persendian

Radang sendi atau rematik adalah penyakit yang diketahui saat kita keramas di malam hari Penyakit ini menyebabkan merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh. Penyebab  rematik sendiri belum diketahui dengan jelas. Namun menurut pakar kesehatan, penyakit ini disebabkan oleh kelainan genetik yang menyerang orang produktif atau banyak beraktivitas.

Beberapa gejala  rematik adalah sebagai berikut:

  • Penurunan fungsi sendi
  • Di pagi hari persendian menjadi kaku 
  • Ada memar atau kemerahan pada persendian
  • Area umum terasa hangat
  • Persendian mengalami nyeri

Meski penyakit ini tidak berbahaya, kamu juga terasa tidak enak badan, bukan? Jika tidak ingin mengalami kondisi ini, sebaiknya jangan mandi atau mandi dengan air hangat pada malam hari. Karena itu memungkinkan kamu untuk tidur lebih nyenyak dan meredakan radang sendi.





2. Penuaan dini lebih cepat

Jangan sering mandi malam! Hati-hati, karena mandi di malam hari juga bisa mempercepat penuaan dini. Berbagai sumber menjelaskan bahwa kondisi tubuh setiap orang berbeda-beda, sehingga tidak semua orang kuat atau bisa mandi air dingin di malam hari.

Jika sering mandi air dingin di malam hari, hal ini menyebabkan peningkatan metabolisme Karena itu, tubuh juga membutuhkan banyak kalori dan oksigen  untuk menstabilkannya Oleh karena itu, kamu sebaiknya menggunakan air hangat agar tidak merasakan  bahaya mandi malam hari


3. Menyebabkan asam urat

Mandi malam juga bisa mengakibatkan serangan asam urat. Penyakit asam urat  terjadi ketika kamu mengkonsumsi banyak  zat purin dalam tubuh sehingga menyebabkan peningkatan asam urat dalam tubuh. Selain konsumsi zat purin yang banyak, hal ini juga dapat mengakibatkan ginjal tidak mampu lagi menyerap atau memproduksi zat tersebut

Makan makanan tertentu juga menyebabkan asam urat. Jadi jika kamu tidak ingin terkena asam urat,  kurangi  mandi malam yang dingin dan kurangi makanan purin mulai dari sekarang ya sahabat!


4. Metabolisme tubuh tidak lancar

Keseringan mandi malam juga mengakibatkan gangguan pada sistem metabolisme tubuh Bagaimana hal itu terjadi? Hal ini terjadi karena suhu tubuh menurun dan diperlukan istirahat yang cukup. Pada Saat Kamu mandi dan pori-pori terbuka,  air  masuk ke dalam tubuh, yang menyebabkan terganggunya hormon tubuh. Perbaikan dilakukan pada malam hari di bawah pancuran dengan air hangat.


5. Hidung pilek

Kamu mungkin pernah mengalami pilek, bukan? Atau pilek yang  terus menerus keluar ketika mau tidur, itu bisa jadi karena seringnya berenang di malam hari Sebaliknya, tubuh yang seharusnya istirahat sebaiknya dibasuh dengan air dingin.   Suhu tubuh naik, mengakibatkan demam. Jika tidak mau, sebaiknya mandi dengan air panas, bukan air dingin.


6. Mengakibatkan demam

Mandi malam mengakibatkan pilek dan demam Kondisi ini disebabkan pori-pori tubuh dan panas  tubuh yang semakin meningkat pada malam hari sehingga rentan mengalami demam. Kondisi tubuh yang kepanasan kemudian disiram air dingin dapat menaikkan suhu tubuh hingga demam. Kondisi seperti ini membuat aktivitas terhenti.


7. Ada nyeri otot

Nyeri otot juga sering dikaitkan - kaitkan dengan bahaya mandi di malam hari Hal ini terjadi karena air dingin masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori sehingga dapat mengakibatkan nyeri otot.


8.   Asma sering kambuh

Selain rematik, nyeri otot, dan hidung meler, efek mandi malam juga bisa mengakibatkan asma kambuh. Perubahan suhu yang tiba-tiba dapat mengakibatkan penyakit pernapasan. Bukan hanya asma, kamu sering mandi malam hari juga bisa menyebabkan penyakit pernapasan lain. Contoh, sinusitis kambuh. Jadi jika kamu memiliki riwayat penyakit pernapasan, sebaiknya hindari mandi malam hari.



9. Menyebabkan bronkitis akut


Bronkitis akut adalah suatu kondisi di mana saluran udara yang menuju ke paru-paru menjadi meradang. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh beberapa jenis infeksi virus. Namun, ada  faktor lain yang menyebabkan bronkitis akut

Salah satu faktor yang menyebabkan  suhu lingkungan  terlalu kering dan dingin Kondisi  dingin ini terjadi ketika seseorang sering  mandi malam hari. Untuk menghindari bronkitis, saya sarankan jangan terlalu sering keramas pada malam hari ya sobat





10. Otot menjadi kaku

Jika Anda sering mandi air dingin pada malam hari, Anda akan merasakan antara lain otot menjadi kaku, meskipun Anda tidak memiliki riwayat penyakit rematik Hal ini bisa terjadi karena suhu udara  dingin dan mandi air dingin menurunkan suhu inti tubuh.   Kemudian sirkulasi udara berkurang dan menyebabkan ketegangan dan kekakuan otot. Tentu saja, jika kamu mengalami keadaan ini sebelum tidur, akan mengganggu waktu istirahat kamu.




Cara menghindari efek mandi malam hari


Tidak ada aturan khusus untuk mandi malam hari. Namun, beberapa orang harus mewaspadai beberapa efek dari berenang di malam hari. Namun, Anda bisa mandi di malam hari dengan tips berikut:

Sebelum mandi malam, pastikan tubuh dalam kondisi prima dan tidak sakit  Pastikan juga  suhu udara tidak terlalu dingin  Sebelum mandi, gunakan suhu air yang benar untuk menghindari efek lainnya. Suhu air  mandi malam hari yang aman berbeda dari suhu tubuh sebesar 5 oC. Jika suhu tubuh kamu sekitar 36 oC, maka suhu dingin air di kolam malam adalah 29-30 oC.

Jika kamu hanya menggunakan air, jangan berendam atau mandi terlalu lama Karena  ini bisa menghilangkan sebagian minyak alami  kulit Jika jumlah minyak berkurang, kulit kamu menjadi kering. Waktu yang tepat untuk mandi.

Mandi sebaiknya dilakukan  dua kali sehari, pagi dan sore. Sebagai kegiatan membersihkan tubuh dari kotoran, sebaiknya  mandi setelah beraktivitas seharian di sore hari antara pukul 16.00 dan 17:00 sore.

Selain itu, mandi  pagi  juga dapat meningkatkan mood dan meningkatkan masa harapan hidup Lho, sobat. Selain itu, mandi pagi juga bisa menjadi faktor pendorong tubuh  memproduksi sel imun lebih banyak  sehingga tubuh  terhindar dari bermacam penyakit.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment